Tips Belanja

TribunJualBeli.com adalah portal berisi layanan pemasangan iklan secara gratis dari Tribunnews.com (Kompas Gramedia).

Misi utama kami adalah membantu pembeli dan penjual menemukan harga terbaik.

Misi TribunJualBeli.com adalah membantu penjual memasarkan produknya dan membantu pembeli menemukan harga terbaik. Silakan lihat Aturan dan Ketentuan.

Berikut beberapa tips untuk calon pembeli:

  1. 1. Cek nama atau ID Penjual
    Penjual yang terpercaya, salah satu cirinya, adalah mereka yang sudah terbiasa melakukan penjualan online. Track record mereka bisa dicek, misalnya, melalui mesin pencari Google. Masukan kata kunci "nama atau identitas" penjual

  2. 2. Cek Nomor Telepon Penjual
    Hati-hati terhadap penjual anonim atau penjual yang tidak mencantumkan identitasnya secara jelas dan lengkap. Salah satu cara mengeceknya adalah apakah penjual tersebut mencantumkan nomor telepon tetap (fixed line) seperti nomor telepon rumah atau kantor. Nomor telepon tetap lebih tinggi tingkat keamanannya daripada nomor handphone. Anda bisa mengganti nomor handphone setiap saat tapi tidak nomor telepon rumah atau kantor. Ceklah nomor telepon kantor atau rumah penjual sebelum melakukan transaksi.
    Walau demikian, harap waspada: Pemasangan fixed line bukanlah jaminan utama bahwa Anda terbebas dari penipuan

  3. 3. Cek Alamat Penjual
    Penjual yang mencatumkan alamat lengkapnya, berikut nomor telepon, memiliki risiko lebih rendah dari pada penjual yang tidak menyertakan alamat dan nomor teleponnya.
    Harap diingat bahwa penipu sering juga mencatut alamat orang lain atau membuat alamat asli tapi palsu.

  4. 4. Pembayaran Melalui ATM
    Kami tidak menyediakan fasilitas transaksi antara penjual dan pembeli melalui TribunJualBeli.com.com kecuali untuk iklan premium, point, dan penjualan tiket.

  5. 5. Risiko transaksi merupakan risiko antara penjual dan pembeli
    Kami tidak bisa mengontrol pembayaran dari pembeli ke penjual melalui ATM atau dengan cara lain. Maka disarankan, sebelum melakukan pembayaran, cek segala sesuatunya, seperti identitas penjual dan alamat serta nomor telepon fixed line.

  6. 6. TribunJualBeli.com tidak melakukan konfirmasi atas pembayaran apapun.

  7. 7. Harga Mencurigakan
    Jika harga yang ditawarkan terlalu murah, Anda patut waspada.

  8. 8. Tetap Waspada
    Meskipun penjual mengungkapkan nama, nomor telepon, dan alamat rumah atau kantor yang sudah Anda cek, itu sama sekali bukan jaminan Anda bebas dari penipuan. Tetaplah waspada terhadap setiap tahapan transaksi seperti kesepakatan pengiriman barang dan kualitas barang.

  9. 9. Beberapa Tips untuk Penjual Jangan kirim barang kepada calon pembeli sebelum rencana pembayaran disepakati. Hati-hati mengenai kesepakatan harga dan kualitas barang. Pertegas kesepakatan ini untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Top